Jasa Kontraktor Bali’s Gallery
Click and login to follow "Jasa Kontraktor Bali" new uploads



location: Bali
Member Type: Professional

Cara Pembayaran Jasa Kontraktor

Terdapat dua cara pembayaran paling lazim yang dijalankan di kalangan penyedia jasa kontraktor bali maupun yang lainnya. Pertama adalah dengan membaginya dalam lebih dari satu langkah atau termin pembayaran. Cara yang lain adalah dengan mempercayakan kontraktor untuk mengelola duwit Anda.

Pembayaran Kontraktor dengan Sistem Termin

Sistem ini dibagi ke dalam 4 langkah yang dibayar sesuai dengan perkembangan atau progress proyek. Sebelum proyek dimulai, Anda umumnya perlu membayar duwit muka atau down payment (DP) sebesar 20-30 persen dari nilai kontrak.

Mulai dari duwit muka itu kontraktor akan merasa bekerja. Pada kala sistem pengerjaan sudah raih 50%, pembayaran ke dua perlu dilakukan. Jumlah langkah ke dua yang dibayarkan adalah 30%. Pembayaran berikutnya, sebesar 20%, perlu dibayarkan kala pekerjaan sudah selesai sampai 80%.

Setelah bangunan Anda sudah sangat selesai, sisa pembayaran sebesar 20% perlu Anda bayarkan. Jika ternyata tersedia pekerjaan yang Anda nilai kurang memuaskan, Anda bisa menghindar 5-10% dari nilai kontrak sebagai retensi atau garansi. Retensi ini berlaku selama era spesifik bergantung pada kesepakatan. Setelah era retensi selesai, baru sisanya bisa Anda bayarkan.

Kontraktor Sebagai Pengelola Proyek

Sistem pembayaran ini dikenal terhitung dengan sebutan cost and fee. Dalam sistem pembayaran ini, kontraktor hanya melakukan tindakan sebagai pengelola proyek saja. Sistemnya tidak berbentuk paket layaknya pada pembayaran dengan sistem termin.

Kontraktor yang pakai sistem ini, umumnya akan mengambil 10-20% dari nilai proyek untuk upahnya. Sebelum laksanakan perjanjian dengan klien, anggaran dan jadwal sudah perlu dipersiapkan terutama dahulu oleh kontraktor. Dari sini, cash flow proyek akan muncul dan klien akan memahami berapa banyak duwit yang perlu ia siapkan tiap bulannya. Jumlahnya bisa berbeda-beda tiap bulannya karena pekerjaannya terhitung berbeda.

Dengan sistem ini, sering kadang cost tiap bulannya bisa saja lebih kecil atau lebih besar dari yang sudah dianggarkan sebelumnya. Jika tersedia sisa anggaran, sisa berikut bisa digunakan untuk bulan berikutnya. Akan tetapi, jikalau cost yang dikeluarkan lebih besar, akan ditagihkan pula pada bulan berikutnya.






© 2021 Internet Business Systems, Inc.
670 Aberdeen Way, Milpitas, CA 95035
+1 (408) 882-6554 — Contact Us
ShareCG™ is a trademark of Internet Business Systems, Inc.

Report a Bug Report Abuse Make a Suggestion About Privacy Policy Contact Us User Agreement Advertise